Tips Mengatasi Depresi Tanpa Harus ke Psikiater

Meditasi

Apakah Anda pernah mengalami perasaan selalu mudah berubah-ubah, mudah gelisah, murung, dan mudah marah? Jika Anda mengalaminya, berarti Anda terkena depresi. Gangguan kecemasan tersebut dapat menyerang siapa saja, bahkan bisa terjadi sampai jangka waktu yang sangat lama. 

Gangguan tersebut perlu diatasi segera agar tidak menimbulkan dampak negatif dalam kehidupan sehari-hari, lebih buruk lagi pikiran untuk melakukan bunuh diri. Maka dari itulah, jika gangguan ini masih ringan, ada baiknya Anda melakukan beberapa hal di bawah ini untuk menyembuhkannya. 

Melakukan Meditasi
Salah satu cara untuk mengatasi depresi adalah menenangkan pikiran dan hati. Untuk melakukannya, Anda bisa bermeditasi agar mendapatkan ketenangan hati serta pikiran. Dengan melakukan meditasi, Anda seperti sedang mengkonsumsi obat anti depresan, karena sangat ampuh mencegah dan mengatasi orang yang sedang stress berat. 

Usahakan meditasi dilakukan secara rutin setiap hari. Jangan lakukan kalau Anda hanya membutuhkannya saja karena tidak akan ampuh nantinya. 

Lakukan Olahraga Ringan
Hal lainnya yang dapat menenangkan pikiran yaitu dengan berolahraga. Selain menyehatkan badan, melakukan olahraga juga akan mengatasi masalah depresi, baik yang ringan mau pun yang sedang. Usahakan Anda meluangkan waktu di pagi hari untuk berolahraga. Tidak perlu lama-lama, karena 30 menit saja sudah cukup melakukannya. 

Olahraga yang Anda lakukan tidak perlu yang berat-berat. Jalan kaki, jogging atau yoga bisa menjadi pilihan tepat untuk mengatasi gangguan ini. 

Mengatur Asupan Makan
Mengatur asupan makan juga menjadi cara untuk mengatasi depresi. Namun, makanan yang dikonsumsi ada baiknya jangan sembarangan karena harus memperhatikan asupan nutrisinya, khususnya selenium dan magnesium. Kedua kandungan tersebut akan membantu meringankan tingkat depresi pada seseorang. 

Makanan-makanan yang kaya akan selenium, seperti kacang-kacangan, gandum, serta ikan, khususnya tuna. Sedangkan kandungan magnesium dapat Anda temukan pada makanan cokelat, kerang, dan biji bunga matahari. 

Menceritakan Masalah pada Orang Terdekat
Cara untuk mencegah dan meringankan tingkat depresi yaitu dengan menceritakan masalah Anda pada orang terdekat. Apa yang menjadi beban di pikiran Anda ada baiknya tuangkan juga ke orang terdekat agar beban Anda terasa semakin ringan. Anda yang menyimpannya sendiri akan membuat depresi akan semakin mudah muncul.

Selain itu, menceritakan masalah Anda pada orang terdekat juga dapat mengeluarkan hal negatif pada pikiran Anda. Dengan begitu, Anda akan menjadi semakin berpikir positif dan melakukan hal yang lebih baik lagi. 

Pergi Berlibur
Ketika setiap hari bertemu dengan masalah, tentu Anda akan menjadi semakin mudah depresi. Maka dari itulah, Anda butuh pergi berlibur untuk mengurangi stress. Dengan pergi berlibur, Anda akan menjadi lebih bahagia dan pikiran pun akan semakin tenang. 

Kunjungi tempat-tempat yang menurut Anda membuat tenang, seperti pantai, pegunungan, museum, atau taman bermain. Tidak ada salahnya mengajak sahabat atau keluarga agar liburan semakin menyenangkan. 

Di era seperti sekarang, orang yang menderita depresi semakin meningkat saja, baik anak-anak remaja atau yang sudah dewasa tua. Usahakan Anda selalu menjaga hati dan pikiran agar Anda tidak mudah mengalami gangguan yang satu ini.
Tips Mengatasi Depresi Tanpa Harus ke Psikiater Tips Mengatasi Depresi Tanpa Harus ke Psikiater Reviewed by Erna Wati on Desember 14, 2019 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.