Gejala dan Penyebab Umum Hernia

Tentang Hernia

Sumber: hellosehat.com

Pernahkah kamu mendengar tentang hernia? Mungkin penyakit ini bukanlah hal baru lagi. kamu mungkin saja pernah mendengar kasus dari penyakit ini atau bahkan pernah mengalaminya sendiri. Apakah kamu tahu apa sebenarnya itu penyakit hernia? Bagaimana dengan gejala dan penyebab umum hernia? Kamu perlu untuk mengetahuinya agar dapat mengatasi dan mencegah penyakit ini terjadi padamu. Dilansir dari alodokter.com hernia atau turun berok adalah kondisi yang terjadi saat organ dalam tubuh menekan dan mencuat melalui jaringan otot atau jaringan ikat di sekitarnya yang lemah. Jaringat ikat tubuh harusnya cukup kuat untuk menahan organ tubuh di dalamnya agar tetap berada di posisi masing-masing. Beberapa hal menyebabkan jaringan ikat melemah hingga tidak dapat menahan organ di dalamnya dan mengakibatkan hernia. 

Lalu apa sih yang menjadi penyebab umum hernia? Penyebab umum hernia adalah kombinasi antara kondisi otot yang tertarik dan melemah. Ada beberapa hal yang menyebabkan otot tubuh melemah, yaitu usia, bawaan lahir terutama di pusar dan diagfragma, cedera atau komplikasi dari operasi di bagian perut dan batuk kronis. Batuk krinis adalah batuk yang sudah berlangsung lebih dari dua bulan pada orang dewasa atau satu bulan pada anak-anak. Batuk ini sering disebabkan oleh kebiasaan merokok dan TBC sedangkan pada anak-anak sering disebabkan oleh asma.  Selain itu ,ada sejumlah faktor yang diduga dapat meningkatkan risiko seseorang mengalami hernia di antaranya adalah konstipasi yang menyebabkan penderitanya harus mengejan saat buang air besar, terlalu sering mengangkat beban berat, penumpukan cairan di dalam rongga perut, berat badan meningkat secara tiba-tiba dan bersin yang berlangsung lama. Penyakit seperti cystic fibrosis secara tidak langsung juga dapat menyebabkan hernia. Apa itu penyakit cystic fibrosis? Ini adalah penyakit keturunan yang menyebabkan lendir-lendir di dalam tubuh menjadi kental dan lengket. Penyakit ini bukanlah penyakit menular, namun penderitanya lebih rentan tertular infeksi bila berdekatan dengan penderita penyakit infeksi. Beberapa penyebab hernia menurut hellosehat.com adalah batuk terus menerus atau bersin, kehamilan, diare atau sembelit dan mengangkat benda berat tanpa menstabilkan otot perut. 

Apa saja gejala hernia? Menurut hellosehat.com tanda-tanda dan gejala yang muncul bergantung pada jenis hernia. Pertama, hernia inguinal muncul pada selangkangan bagian dalam dan hernia pusar gejalanya adalah munculnya pembengkakan tanpa rasa sakit, yang mungkin akan hilang dengan sendirinya. Gejala yang paling jelas jika seseorang menangis, mengejan, batuk atau berdiri. Hernia inguinalis pada laki-laki dapat membuat skrotum atau kantung buah zakar menjadi besar, sedangkan pada perempuan labia atau jaringan di sekitar vagina dapat mengalami pembengkakan. Hernia tertahan menyebabkan gumpalan daging empuk namun padat, nyeri, muntah, sembelit dan rasa terganggu. Hernia strangulasi menyebabkan demam dan adanya area yang bengkak, kemerahan, meradang dan sangat menyakitkan. 

Itulah hal-hal yang mungkin dapat kamu ketahui tentang penyakit ini seperti gejala dan penyebab umum hernia. Kamu dapat berkonsultasi pada dokter untuk mendapatkan penanganan yang baik dan benar. konsultasikan gejala yang kamu alami pada dokter agar mendapat penanganan yang tepat. Kamu juga dapat mengenali penyebab dan gejalanya agar dapat terhindar dari penyakit ini. Jangan pernah meremehkan sekecil apa pun gejala yang dialami oleh tubuhmu karena itu merupakan gejala dari sebuah penyakit yang bahkan bisa memberikan dampak yang sangat buruk bagi tubuhmu. Oleh karena itu, rajinlah berkonsultasi. 
Gejala dan Penyebab Umum Hernia Gejala dan Penyebab Umum Hernia Reviewed by Erna Wati on Januari 10, 2020 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.